Total Tayangan Halaman

Selasa, 20 Desember 2011

T I K

Rabu, Februari 10, 2010


Defisini Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK)


TIK menurut kamus bahasa Indonesia
TIK sebuah istilah yang disusun dari tiga kata, yaitu (1) Teknologi, (2) Informasi, dan (3) Komunikasi. Dalam kamus bahasa Indonesia, teknologi diartikan sebagai kemampuan teknik yang berlandaskan pengetahuan ilmu eksakta yang berdasarkan proses teknis atau dapat pula diartikan ilmu teknik. Informasi diartikan sebagai penerangan, keterangan, yang dapat berupa pemberitahuan atau dapat pula diartikan sebagai kabar atau berita tentang sesuatu. Sedangkan, komunikasi diartikan sebagai pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami.

Dari arti menurut kamus bahasa Indonesia, kita dapat mengambil sebuah kesimpulan bahwa TIK itu adalah pengiriman pesan yang dapat berupa pemberitahuan atau berita kepada orang lain yang bertujuan untuk mempengaruhi orang tersebut dengan menggunakan sebuah perangkat teknologi. Lebih jelasnya, jika dikaitkan dengan sistem “pembelajaran berbasis TIK” maka dapat didefinisikan sebagai suatu upaya (proses membelajarkan) yang dilakuan oleh pengajar terhadap peserta didik yang bertujuan untuk menjadikan peserta didik memperoleh ilmu (pengetahuan) dengan menggunakan media teknologi sebagai alat untuk mengkomunikasikan atau sumber mendapatkan informasi.

Cakupan teknologi
Ada kecenderungan memahami teknologi hanya selalu dikaitkan dengan komputer atau alat-alat elektronik. Padahal teknologi itu dapat pula dikatakan sebagai sebuah hal yang baru dan diciptakan untuk memudahkan (efektif) kerja manusia, jadi teknologi selama diciptakan untuk mengefektifkan usaha kita dan ciptakan melalui proses yang ilmiah dapat dikatakan sebagai teknologi baru.

Kenapa komputer dan perangkat elektronik lain selalu dikaitkan dengan teknologi baru?, hal ini tak lepas dari manfaatnya bagi manusia dan penggunaannya yang semakin meluas di seluruh dunia. Bukan hanya penggunaan yang meluas tetapi dukungan untuk saling membagi informasi dan berkomunikasi satu sama lain tanpa harus bertatap muka langsung juga semakin menguatkan bahwa perangkat teknologi komputer sebagai suatu hasil ciptaan manusia yang betul-betul memberikan manfaat yang besar terlebih dengan sistemnya yang terkoneksi dengan jaringan internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar